Jurnalistik Berkelanjutan

Jurnalistik Berkelanjutan
Objektifitas Berita Lingkungan: Jurnalistik Berkelanjutan adalah buku pertamaku. Buku ini mengupas tentang pengalamanku tentang dampak pemberitaan lingkungan yang tidak akurat. Berita yang demikian tidak saja mampu mengguncang kehidupan pribadi seseorang tetapi juga tidak membantu lingkungan. Jika Anda ingin membacanya, Anda bisa menemukan sejumlah cuplikannya di blog ini

Minggu, 03 Januari 2010

Prediksi Kebakaran Hutan dan Lahan 2010

Forum Save The Earth

Di tahun 2009, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, di Riau kerap terjadi kebakaran hutan dan lahan? Menurut prediksi Anda, apakah tahun 2010 mendatang Riau masih akan mengalami kebakaran hutan dan lahan? Sebutkan alasannya?



Menurut saya kebakaran hutan akan terjadi lagi di tahun 2010, karena penegakan aturan oleh pihak yang berwenang sangat lemah. Apabila penegakan hukum baik oleh pejabat dan diimbangi dengan sosialisasi yang baik maka akan tidak ada lagi pembakaran hutan. Dan jangan ada para pelaku pembakaran hutan berlindung dengan penegak hukum. Apalagi pelaku pembakaran hutan adalah pihak penegak hukum.
MAHDAN SYARIF
Lembaga Kreatif 415 Pelalawan.

Menurut saya kebakaran hutan dan lahan kosong yang terjadi di wilayah Riau akan semakin bertambah saja. Sebab dilihat dari situasi dan kondisi masyarakatnya yang semakin lama ingin memperluas pembangunan perumahan, gedung-gedung ataupun proyek untuk mengikuti zaman. Dan juga Riau merupakan salah satu wilayah yang sedang berkembang pesat. Serta disebabkan juga masyarakatnya yang belum begitu sadar seberapa pentingnya hutan bagi kehidupan dan tidak tahu akibat dari kerusakan/kebakaran hutan itu. Kemudian pergantian cuaca di wilayah Riau yang begitu panas dan banyak mengandung migas di wilayah Riau.
MEGA MUSTIKA-STIE
Purnagraha Pekanbaru

Masih, malah lebih parah karena prediksi cuaca tahun depan sampai 2012 akan lebih panas dan kering. Harga sawit melambung tinggi karena ekonomi dunia sudah pulih dan bangkit maka akan mendorong pengusaha membuka lahan sawit secara besar-besaran dan cara gampang dan murah membersihkan lahan dengan membakar. Pemerintah dan masyarakat juga tidak serius mencegah kebakaran hutan dan lahan. Pemerintah selalu tak berkutik menjatuhkan sanksi tegas kepada pengusaha karena dari sekian banyak kasus pembakaran hutan dan lahan belum satupun pelaku kelas kakap yang masuk ke hotel dan restoran gratis. Dari UU sampai Perda tidak pernah dilaksanakan dengan maksimal terutama kepada orang besar. Masyarakat harus bersiap-siap menghadapi bencana ini dengan sedia masker dan obat asma di rumah.
M. ABDUL RAHMAN
Pekanbaru

Prediksi saya kebakaran hutan di Provinsi Riau masih akan terus berlangsung di tahun 2010, karena masih banya orang-orang yang memiliki kepentingan bisnis di dalam masalah kehutanan dan tentunya dengan masih diperluasnya areal perkebunan oleh kaum berduit. Otomatis pembakaran adalah sebuah solusi clearing lahan yang murah dan efektif.
IRWAN SINAGA
Fasilkom Unilak

Menurut saya di tahun 2010 yang akan datang kebakaran hutan masih terjadi karena kebakaran hutan tidak hanya terjadi di musim kemarau, kebakaran hutan juga terjadi karena banyaknya warga atau masyarakat yang membuka lahan untuk perkebunan.
TASMAN
Sorek Dua

Menurut saya itu pasti, karena pemerintahan kita tertutup matanya, terbuka sakunya. Seperti yang kita ketahui program perlindungan hutan sudah dari tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan tetapi nyatanya yang kita lihat hutan, lahan habis terbakar. Yang dikhawatirkan 2011 nanti bukan hutan dan lahan lagi yang terbakar tapi rumah penduduk yang terbakar karena hutannya sudah tidak ada lagi.
ADI
Bengkalis

Menurut prediksi saya pada tahun 2010 bisa saja terjadi kebakaran hutan dan lahan lagi karena semua itu tergantung kepada ulah tangan manusia sendiri. Dilihat dari keadaan sekarang banyak sekali manusia yang melakukan kerusakan hutan untuk kepentingan pribadi. Kita sebagai masyarakat haruslah menjaga hutan kita karena hutan merupakan paru-paru dunia dan bisa mencegah terjadinya banjir serta hutan sebagai tempat berlindung bagi hewan langka. Mari kita berpartisipasi melindungi hutan dan lahan agar ditahun 2010 ini tidak ada pembakaran lagi. Amin.
SULASTRI
1A PAI STAI Bengkalis

Menurut saya kebakaran hutan akan terjadi lagi ditahun 2010 jika pihak yang berwenang tidak bertindak secara tegas sesuai hukum yang berlaku. Pada saat ini saja titik api kebakaran hutan di Provinsi Riau sangat besar. Hal ini karena ulah tangan manusia sendiri. Padahal pemerintah telah mengeluarkan undang-undang bahwa orang yang melakukan pembakaran hutan akan diberi sanksi dan di penjara, nah untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan maka kita sendiri harus menjaga terlebih dahulu hutan tersebut. Setelah itu barulah pemerintah membuat program yang mana ada pengawasan hutan. Bukan UAN saja yang butuh pengawasan, tetapi hutan juga butuh pengawasan dan perawatan.
HELIANI
Jurusan PAI Universitas STAI Bengkalis


0 komentar: