Jurnalistik Berkelanjutan

Jurnalistik Berkelanjutan
Objektifitas Berita Lingkungan: Jurnalistik Berkelanjutan adalah buku pertamaku. Buku ini mengupas tentang pengalamanku tentang dampak pemberitaan lingkungan yang tidak akurat. Berita yang demikian tidak saja mampu mengguncang kehidupan pribadi seseorang tetapi juga tidak membantu lingkungan. Jika Anda ingin membacanya, Anda bisa menemukan sejumlah cuplikannya di blog ini

Kamis, 14 Januari 2010

Kawasan banjir itu-itu saja, Apa pendapatmu?

Memasuki awal tahun 2010, bencana banjir terjadi dimana-mana. Kawasan yang terkena banjir itu-itu saja. Menurut Anda apakah bencana itu masih mungkin untuk diatasi, jika jawabannya tidak, apakah menurut anda mereka yang tinggal di kawasan banjir sebaiknya pindah saja daripada kebanjiran terus?




Bencana banjir yang terjadi saat ini menurut saya masih bisa diatasi. Caranya dengan 3M+P, yaitu mulai dari sekarang, mulai dari sekarang, mulai dari sekarang dan ditambah dengan (P)rogram yang baik dan terarah untuk mengatasi banjir yang terjadi di negeri ini. Yakinlah banjir akan bisa kita atasi apabila kita mau untuk mengatasinya.
ROBA‘I AHMAD
Mahasiswa FAPERIKA UNRI Pekanbaru

Bencana banjir jika tidak ditanggulangi dengan tepat akan menjadi masalah besar bagi pemerintahan kota. Dalam hal ini saya pernah menangani kasus yang sama. Ada beberapa langkah yang harus ditempuh untuk penanggulangan banjir yaitu
1. Membuat peta rawan banjir
2. Membuat peta kontur (ketinggian air saat banjir)
3. Membuat peta kawasan pemukiman yang terendam banjir berdasarkan data lapangan, survei masyarakat.
4. Merelokasi penduduk ke tempat yang ditentukan, dengan tidak mengesampingkan kelanjutan kegiatan ekonomi
DHANANG
Dinas pertanahan Indonesia Pekanbaru

Menurut saya banjir dapat diatasi, jika warga didaerah yang terkena banjir mau bekerjasama untuk bergotong royong membersihkan saluran air atau selokan, menanam pohon-pohon untuk menyerap air. Jika tidak ingin pindah sebaiknya warga mendirikan rumah yang tinggi. Dan diperlukan kesadaran warga untuk berbuat hal yang dapat mengatasi segala masalah, juga pemerintah seharusnya membantu rakyat yang kesusahan.
AMALIA JUWENDAH
Kelas 7c SMP Cendana Duri.

Sebenarnya banjir tidak dapat diatasi. Tetapi dicegah. Bukan begitu Pak Wako?? Karena banjir itu datang oleh dua faktor. Pertama, memang kuasa Tuhan, kedua, ulah tangan manusia. Karena manusialah yang melakukan pembuangan dosmetik dan pembuangan limbah.Untuk itu, cara mencegah banjir yang efektif adalah harus menanam pohon. Memang nggak langsung kelihatan manfaatnya. Tapi mau kah sepuluh tahun lagi banjir tetap ada?? Kalo pindah rumah bukan solusi, karena pindah atau ngga tetap aja mereka bakal terkena pajak dari Pemerintah???.
SHELVI MELANI
Mahasiswi UMRI Pekanbaru

Menurut saya tidak perlu memindahkan penduduk. Jika hal itu masih bisa diselesaikan dengan cara lain. Caranya yaitu masyarakat dan pemerintah bergotong royong membersihkan got, parit-parit besar serta saluran air. Dan bagi pemerintahan setempat agar menghimbau warganya untuk sama-sama menjaga kebersihan lingkungan dan tempat tinggalnya.
SULAIMAN
STAI Bengkalis

Menurut saya bencana banjir terjadi dimana-mana. Musibah ini karena kanal-kanal tempat air mengalir tersumbat oleh sampah-sampah yang kemudian ditimbun dengan tanah, di atas tanah inilah dibangun perumahan dan gedung-gedung, hal ini menyebabkan air tidak mengalir. Padahal dulu pada tahun 60-an di kota Pekanbaru tidak pernah terjadi banjir. Jadi buatlah kanal sebesar-besarnya atau bendungan dipinggiran kota sehingga bisa dijadikan tempat aliran air bermuara. Sehingga banjir tidak terjadi lagi di kemudian hari.
TUAR
Pekanbaru

Ya, menurut saya sebaiknya warga yang ada di kawasan banjir itu dipindahkan saja. Jika perlu dikasih cicilan rumah yang ada diperumahan banget.
RAHMAWATI SANUSI
Pekanbaru

Kayaknya sulit deh, soalnya program penanggulangan banjir kan tidak instan. Selain keseriusan oleh pihak yang berwenang, juga dibutuhkan kerjasama dengan masyarakat korban banjir dalam prilaku hidup yang bersih dan peduli lingkungan.
KAHFI
Siak

Menurut saya masih bisa diatasi. Orang-orang yang terkena banjir tidak perlu pindah, karena banjir akibat dari hujan yang terus menerus yang kemudian menjadikan air sungai meluap sebab melebihi daya tampungnya. Ditambah lagi parit-parit dilokasi yang terkena banjir banyak sampah sehingga menyumbat saluran air. Tidak ada kata terlambat kalau kita mau berkerjasama dan bergotong royong untuk mengatasi banjir, Insyaallah kita bisa.
RICO JULIARDI
SMAN 1 Bukit Batu Sungai Pakning

Banjir?, yah benar sekali. Menurut saya masih bisa di atasi namun butuh waktu lama dan semua itu akan terlaksana dengan baik jika masyarakat dan pemerintah bekerjasama. Kalau penduduk di kawasan banjir harus pindah maka pemerintah harus menyediakan tempat pindah bagi mereka, jika tidak mana mungkin bisa pindah. Pertanyaannya, apakah pemerintah sanggup menyediakan tempatnya?
YENNI SARI DEVI
Mahasiswi Hubungan Internasional ’09 UNRI
Jl. Bina Bangsa Panam Pekanbaru


Mungkin kalau setiap warga memiliki kesadaran untuk mengubah situasi menjadi lebih baik lagi. Kapan perlu diberikan denda bagi setiap orang yang membuang sampah sembarangan dan tidak peduli terhadap lingkungan. Itu semua tergantung kesadaran kita, sejauh mana kesadaran kita akan lingkungan. Jika kesadaran ini sudah ada, sangat mungkin segala sesuatu terkondisikan dengan baik. Namun bukan warga saja yang diwajibkan berpartisipasi, aparat-aparat tinggi pemerintahan yang dijadikan teladan juga harus memberikan contoh yang baik.
NI VEREN. N
SMAN 12 Pekanbaru

Menurut saya banjir masih bisa diatasi. Untuk jangka pendek korban banjir dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi atau aman. Sementara untuk jangka waktu panjang, salah satu caranya adalah pemerintah harus turun kelapangan untuk mengatasi masalah ini. Yaitu dengan membuat program penanggulangan banjir.
NURKURNIASARI
1a PAI STAI Bengkalis

Menurut saya, banjir yang selama ini terjadi masih bisa diatasi asalkan pemerintah dan masyarakat bekerjasama dengan tegas dan cepat tanggap untuk menghadapi banjir tahunan. Hal yang bisa dilakukan misalnya tidak menggunduli hutan, tidak membuang sampah ke sungai sebab sungai merupakan jalannya air. Jika itu semua tidak diperhatikan maka banjir akan terjadi setiap tahun. maka dari itu diharapkan partisipasi semua pihak untuk berpikir kedepan bagaimana mengurangi indeks banjir tahunan yang selama ini terjadi.
SIT I MUTHOHAROH
1a PBI STAI Bengkalis

Menurut saya masalah banjir ini sulit diatasi karena banjir bukan hanya karena hujan tetapi juga pengairan yang kurang baik dan sangat sedikitnya daerah resapan air. Untuk mengatasi masalah ini pemerintah harus merencanakan program yang efektif dan semua pihak yang bertanggung jawab terhadap musibah ini jangan hanya berteori tetapi buktikan dengan realisasi. Sementara masyarakat yang tinggal di daerah banjir tidak harus banjir tetapi berusahalah mencegah banjir berikutnya datang.
MARATU SOLLEHA
1a PAI STAI Bengkalis

Menurut saya, banjir masih bisa ditanggulangi dengan menghindari buang sampah di saluran air seperti selokan, parit dan sungai. Catatan bagi pemerintah untuk memberikan pengarahan kepada masyarakat akan hal tersebut. Selain itu juga perbaiki saluran air, menggali kembali parit dan sungai yang sudah dangkal.
EDI KURNIAWAN
1a PAI STAI Bengkalis

Menurut pendapat saya bencana banjir bisa diatasi sedini mungkin dengan adanya partisipasi masyarakat melalui cara sederhana yaitu menanggulangi sampah dengan baik dan benar sehingga sampah sehingga sampah tersebut tidak terbuang sembarangan dan mengganggu saluran aliran air. Dan peran pemerintah untuk mewajibkan setiap rumah memiliki sumur resapan air.
HANNA FITRI
Sosiologi FISIP UNRI

Menurut saya bencana banjir masih bisa diatasi hal ini terbukti dengan warga yang menjadi korban masih bisa hidup dan mencari nafkah. Menghadapi banjir kedepannya warga harus berpartisipasi dalam program-program penanggulangan banjir. Mereka yang menjadi korban banjir tidak perlu pindah. Setiap hal pasti ada jalan keluarnya, namun jika memang sulit untuk diatasi maka pemerintah harus turun tangan langsung.
SULASTRI
1a PAI STAI Bengkalis

Menurut saya bencana banjir masih bisa diatasi asal kita mau berusaha untuk merawat lingkungan. Jika korban banjir pindah dari tempat mereka, maka meraka akan tinggal dimana?. Saat ini tidak ada lahan kosong yang layak dihuni untuk mereka.
HELIANI
1a PAI STAI Bengkalis

Menurut pendapat saya, bencana banjir bisa diatasi. Ketika terjadi banjir sebaiknya masyarakat mengungsi ketempat yang lain dulu. Kemudian setelah keadaan membaik warga harus melakukan pencegahan terhadap bencana banjir itu, seperti membersihkan parit, membuang sampah pada tempatnya, membersihkan selokan didekat rumah mereka, menanam pepohonan yang bisa menahan dan menyerap air. Selain itu warga juga harus meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan serta waspada terhadap kondisi lingkungan tempat tinggal mereka.
SUCINURAINI
1a PBI


0 komentar: